SAKIT KEPALA MIGRAIN BISA CERMINKAN KONDISI KESEHATAN ANDA

Anda pernah mengalami sakit kepala migrain? Sejarang – jarangnya, pasti anda pernah mengalaminya bukan ? Sakit kepala migrain atau sering dikenal sebagai sakit kepala sebelah memang merupakan gejala umum yang sering kali dialami oleh kebanyakan orang, mungkin anda termasuk salah satunya.

migrain

Migrain adalah gangguan pada kepala yang ditandai dengan rasa sakit pada kepala secara unilateral atau hanya sebelah bagian dari kepala. Gejala ini bisa terjadi selama 2 hingga 72 jam.

Pada gangguan yang lebih lanjut, terkadang terjadi secara berulang dan disertai dengan gejala lain seperti gangguan penglihatan dan mual. Terdapat dua tipe migrain yaitu :

  1. Migrain dengan aura
    Pada tipe ini, biasanya akan ditandai dengan tanda awal sebelum migrain terjadi seperti masalah penglihatan, kekakuan pada leher, pundak atau anggota tubuh lain.
    Jika anda sering mengalami migrain tipe ini, anda mungkin akan melihat hal – hal seperti bintang – bintang atau garis zigzag sebelum migrain menyerang.
  2. Migrain tanpa aura
    Migrain ini terjadi tanpa tanda – tanda sebelumnya. Kalaupun tanda – tanda peringatan tidak terjadi pada penderita migrain tipe ini, peringatan lain seperti haus, mengantuk atau keinginan untuk memakan sesuatu yang manis muncul sebagai peringatan sebelum periode sakit kepala dimulai.

Migrain yang anda alami bisa menjadi cerminan kondisi kesehatan anda. Migrain dapat timbul karena kebiasaan – kebiasaan hidup yang kurang tepat seperti mengonsumsi alkohol, merokok, atau beberapa makanan terutama yang mengandung MSG yang tinggi.

Bisa juga karena pengaruh hormonal seperti ketika hamil, menjelang atau pada masa menstruasi atau menopause. Namun tidak hanya itu, kepala migrain terus menerusbisa mengindikasikan gangguan kesehatan yang lebih kronis seperti penyempitan atau pelebaran pembuluh darah yang menuju ke otak.

Sakit kepala sebelah atau migrain bisa terjadi di bagian kepala sebelah kiri atau kanan anda. Sakit kepala migrain sebelah kiribisa mengindikasikan keadaan stress, kurang tidur, telat makan, atau sering kali muncul setelah anda mengonsumsi minuman dingin.

Kondisi sinusitis juga kerap disalahartikan sebagai migrain karena ketika anda mengalami sinusitis gejala yang ditimbulkan hampir menyerupai dengan gejala migrain.

Migrain dipercaya timbul akibat perubahan aliran darah ke otak, bisa jadi karena penyempitan atau pelebaran pembuluh darah yang menuju ke otak. Pada kondisi lanjut, biasanya menyebabkan gangguan penglihatan, kesulitan berbicara, kelemahan, kesemutan dan bahkan mati rasa. Sakit kepala migrain sebelah kanan juga bisa anda alami sebagai indikasi gangguan ringan seperti karena rasa cemas yang anda alami atau terlalu banyak kafein yang anda konsumsi. Sakit kepala sebelah kanan ini sangat umum terjadi.


Migrain atau sakit kepala sebelah bisa mencerminkan kondisi kesehatan anda, apabila gejala ini terlalu sering anda alami dan dengan rasa nyeri yang terlalu mengganggu, sebaiknya anda memeriksakannya ke dokter. Penyebab sakit kepala tidak bisa dipastikan kecuali dilakukan pemeriksaan pada kepala dengan menggunakan CT scan (Computerized Tomography) , MRI (Magnetic Resonance Imaging) atau Lumbar puncure. Kondisi medis yang lebih kritis seperti tumor otak, cedera atau pendarahan pada otak juga bisa tercermin melalui sakit kepala yang anda alami.

Sakit kepala sebelah biasanya dapat disembuhkan dengan menggunakan obat – obat yang umum digunakan. Aspirin biasa digunakan untuk menangani gangguan ini. Apabila migrain anda terjadi karena kebiasaan hidup anda yang kurang tepat, anda bisa mulai menanganinya dengan mengubah kebiasaan anda, misalnya dengan mengurangi alkohol, rokok atau kafein yang anda konsumsi setiap hari.

Add Comment