Mengetahui Keunggulan dan Kekurangan NVidia Geforce dan AMD Radeon Lebih Lengkapnya

Mengetahui Keunggulan dan Kekurangan NVidia Geforce dan AMD Radeon Lebih Lengkapnya

Sebuah perangkat PC yang bagus pastinya harus memiliki VGA (Video Graphics Adapter) yang baik pula. Fungsu utama dari penggunaan VGA ini sendiri tidak lain untuk menampilkan sebuah grafis yang nanti akan mendapat perintah oleh sistem. Maka dari itu, semakin beratnya tugas yang harus ditampilkan, maka kemampuan VGA yang tersemat di dalamnya juga harus ditingkatkan. Baik itu NVidia Geforce atau AMD Radeon keduanya pasti memiliki keunggulan dan kekurangannya masing – masing. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Keunggulan dan Kekurangan NVidia Geforce dan AMD Radeon

Jika berbicara mengenai keunggulan, VGA NVidia Geforce sepertinya lebih unggul dari AMD Radeon. Bahkan NVidia Geforce lebih disarankan untuk memainkan game – game berat, apalagi untuk game versi GTX. Alasannya, ada banyak sekali game yang berpihak pada penggunaan NVidia Geforce karena memang bekerjasama dengan para programmer juga game developer.

Salah satu game terbaik yang bisa dilibas melalui penggunaan VGA satu ini adalah Tomb Raider Legend. Disematkannya fitur Soft Shadow pada NVidia Geforce yang tidak dimiliki AMD Radeon membuat tampilan Lara Croft tampak lebih nyata. Salah satu pertanda bahwa game cocok digunakan pada NVidia Geforce yakni adanya logo TWINMTBP.

Apabila Anda sudah mendapati logo tersebut itu artinya grafik dan kinerja terbaik hanya akan didapatkan dengan penggunaan NVidia Geforce. Kabar baiknya, NVidia Geforce bahkan sudah dilengkapi dengan fitur Physx. Ini merupakan sejenis fitur yang berfungsi agar detail game yang dikeluarkan lebih optimal. Pengguna tentu saja tidak perlu khawatir apalagi NVidia Geforce lebih terjamin garansi.

Tetapi demikian, untuk urusan menonton video HD maka Anda lebih disarankan untuk menggunakan AMD Radeon. Kartu grafis terbaik yang dikeluarkan oleh AMD ini pada dasarnya punya banyak sekali estensi pendukung untuk membuat video yang beresolusi tinggi agar bisa berjalan mulus dan lancar. Salah satu contohnya adalah CUDA. Ini merupakan jenis teknologi terbaik dan terkini yang memungkinkan GPU, prosesor yang ditanamkan pada VGA. Fungsinya tidak lain untuk memantau CPU dalam kalkulasi pemrosesan data.

Menariknya, CUDA bahkan bisa maksimalkan proses pengolahan video, gambar, rendering 3D, dan lain – lain. Lain halnya dengan NVidia Geforce, AMD Radeon memiliki fitur UVD. Tidak hanya itu, AMD Radeon bahkan mendapat dukungan Directx 11. Smeentara itu untuk NVidia Geforce sendiri hanya kelas high end yang mendapat dukungan Directx 11, lalu untuk kelas low end ternyata masih Directx 10, yang mana hanya bisa ditemukan pada GT 430 dan TS 450 yang mendapat dukungan Directx 11.

Adapun fitur terkeran yang bisa dijumpai pada AMD Radeon diantaranya ada HD3D, Eyefiniti, dan APP. Sementara itu pada NVidia Geforce sudah ada Stereoscopic, Physx, 3D Surround, dan CUDA. Kekurangan yang dimiliki AMD Radeon ini adanya tidak adanya Physx, lalu pada NVidia Geforce hanya lebih boros penggunaan listrik dan kalau mau pakai Stereoscopic harus SLI.

Padahal seperti yang kita tahu, para gamer akan membutuhkan power yang lebih besar lagi untuk bermain game. AMD Radeon malah jauh lebih unggul dari segi harga. Karena untuk mendapatkannya Anda hanya perlu menyiapkan budget sebesar Rp 2 juta rupiah. Lain halnya untuk NVidia Geforce, VGA satu ini meskipun dijual dengan harga lebih mahal ternyata memiliki kualitas yang kurang ketika digunakan bermain game berbasis Directx 9 dan 10. Tapi untuk Directx 11 NVidia Geforce lebih unggul dari AMD Radeon.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang keunggulan dan kekurangan NVidia Geforce dan AMD Radeon lebih lengkapnya. Semoga bermanfaat.

Add Comment